API Bergerak Mulai Bergejolak dI Kampus UMY


(22/11) Ratusan mahasiswa yang mengatas namakan API BERGERAK (Aliansi Pemuda Bergerak) (IMM, BEM KM UMY, HMI, SEKBER, BEM UII, FMY, SMI, SOPINK, Gerakan pembebasan, dll) melakukan aksi di depan kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta  untuk memprotes kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintahan Presiden jokowi-jk dengan menaikan harga BBM. “Aksi kali ini sengaja dilakukan di depan gedung kampus UMY ( ring road barat) untuk menunjukan bahwa mahasiswa UMY ikut dalam barisan perjuangan, sebagaimana yang dilakukan oleh kawan-kawan mahasiswa dikampus lain” tegas dari salah satu masa aksi.
 
Aksi yang pada awal-nya berlangsung secara damai mulai menjadi ajang adu pukul antara mahasiswa dengan pihak aparat kepolisian yang pada saat itu menerjun kan 100 personil dengan senjata lengkap anti huru-hara. Kejadian ini terjadi karena pihak kepolisian yang mulai bertindak represif terhadap massa aksi, massa aksi dipaksa mundur untuk masuk kedalam kampus. Satu orang diamankan dan dua orang mahasiswa mengalami luka-luka dan memar akibat kejadian itu.

Setelah bernegosiasi mahasiswa kembali melanjutkan aksi damainya di dalam gerbang kampus, “ menaikan harga BBM adalah tindakan yang tidak wajar yang dilakukan oleh jokowi-jk, untuk menopang APBN yang katanya membengkak itu kenapa tidak menasionalisasikan kembali aset-aset negara seperti migas dan mengambil pajak progresif kepada perusahaan- perusahaan raksasa? Bukan malah membebankan kepada rakyat miskin”, tutur salah satu pimpinan organisasi pergerakan yang tergabung dalam API BERGERAK pada saat itu. 

Tak terasa,  rangkaian aksi penolakan kenaikan BBM usai, ditandai dengan meredamnya massa aksi dengan pihak kepolisian, kemudian rangkaian aksi tersebut diakhiri dengan membacakan pernyataan sikap oleh Hilmy.  Pihak kepolisian pun pada saat itu sepakat dengan pernyataan sikap yang dituntut oleh massa aksi dan menyatakan bahwa kepolisian sependapat dengan masa aksi untuk menolak kenaikan harga BBM. (Mun.Min)

Share on Google Plus

About PC IMM AR FAKHRUDDIN

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :