Eksistensi Osama dan Obama

Oleh: Imam Mahdi
Kepopuleran Osama di muka bumi ini melebihi artis top dunia. Semenjak terjadinya penghancuran gedung WTC di Whasington pada tahun 2001, sejak itu pula namanya membumi di saentero alam semesta. Mulai dari anak kecil sampai orang tua, tau namanya, dari yang beragama sampai yang komunis juga tahu siapa Osama. Layaknya seorang bintang kematian Osama juga tidak terlepas dari controversial, seputar penembakanya, penguburan dan polemik siapa penerusnya.
Osama juga terkenal sebagai saudagar kaya raya, mempunyai harta warisan dari orang tuanya, jumlahnya mencapai 27 juta dollar AS. Kekayaan ini menjadi modal utama untuk menjalankan roda organisasi yang dipimpinya yaitu Al Qaeda. Uang Osama yang melimpah dipergunakan oleh para teroris untuk membeli perlengkapan senjata dan bahan peledak lainya. Benar kiranya apa yang telah disebutkan oleh marxis, materi menentukan eksistensi.
Dalam beberapa literatur disebutkan kalau Osama adalah salah satu anggota CIA. Osama mendapatkan pelatihan pemakaian senjata serta strategi perang. Kemampuanya juga tidak pernah diekspos, akan tetapi bagi semua kalangan tahu benar bahwa Bush dan Osama mempunyai hubungan yang dekat. Kedekatan keduanyalah yang dianggap sebagai pembuat skenario terorisme internasional.
Kehebatan Osama semakin tersebar setelah sepuluh tahun lebih tentara AS tidak bisa mendapatkan man of terror tersebut. Padahal AS merupakan kiblat militer utama negara di dunia. Kehebatan pasukanya didukung oleh peralatan yang canggih dan intelejen yang cerdas. Kekuatan militer AS yang sempurna tidak mampu menangkap Osama semakin melambungkan namanya dalam tokoh teroris internasional, sebagai orang yang lihai, cekatan dan tidak bisa ditembus oleh satelit AS. Walau sangat abusurd bila tentara AS tidak mampu menangkapnya.
Tanggal 2 Mei 2011 menjadi akhir kisah Osama, setelah gedung putih memerintahkan untuk membunuh Osama, bukan penangkapannya. Menurut anak Osama, ayahnya tidak menggunakan senjata ketika ditembak. Belum sampai disitu ketenaranya semakin kuat pada saat kematianya pengguna jejaring sosial sibuk membuat status kematian Osama, dari sekedar bercanda atau serius. Salah satunya menampilkan Osama menggunakan baju tim Arsenal.

Obama
Nama Obama juga tidak kalah hebatnya dengan Osama. Obama menjadi presiden pertama AS yang berasal dari kulit hitam. Semenjak merdeka pada 1776 AS baru pertama memiliki presiden sesuai dengan harapan Martin Luther King. Ketenaran Obama tidak terlepas dari dukungan semua lapisan masyarakat AS, terutama kecerdasan tim suksesnya dalam menjual Obama melalui media facebook dan Twitter.
Obama juga tempat istimewa bagi warga Indonseia. Hal ini disebabkan karena Obama pernah bersekolah di Menteng, Jakarta. Ketika Obama resmi menjadi presiden semua orang di Menteng seolah bangga akan pencapaian Obama sebagai presiden AS. Bahkan dibuatkan sebuah patung sebagai tanda perjuangan yang dilakukan Obama tidak kalah dengan apa yang telah ditorehkan oleh para pejuang bangsa ini.
Obama berasal dari kalangan warga biasa. Ayahnya berasal dari Kenya, sedangkan Ibunya Ann Dunham dari Kansas. Obama meniti karir sebagai seorang pengacara dan pengabdi sosial masyarakat. Namanya mencuat seiring dengan kemampuan orasinya yang dianggap bisa memukau. Obama juga mendapatkan Nobel sebagai penggiat penyelesaian masalah internasional melalui diplomasi. Obama menjanjikan perbaikan citra AS yang tenggelam oleh kekejaman dan keserakahan setelah menyerang Irak dan Afganistan.

Citra Obama diperbaiki Osama
Eksistensi Obama sebagai seorang penguasa negara Adi Daya semakin diperhitungkan karena kemampuanya membunuh Osama. Pidato Obama atas terbunuhnya Osama disambut suka cita oleh warga AS, terutama korban WTC, mereka tumpah ruah ke jalan untuk merayakan kemenangan atas teroris. Ketenaran Obama mengalahkan Bush, yang dalam dua kali masa jabatanya tidak mampu membunuh Osama.
Semenjak Obama menjabat menjadi presiden Osama tidak pernah menyerang AS secara langsung. Apalagi Obama selalu menyatakan bahwa musuh utamanya adalah terorisme yang dipimpin Osama, bukan umat muslim. Obama juga mengunjunig beberapa masjid di Timur Tengah dan di Asia dan selalu menyampaikan bahwa Isam dan AS bisa menciptakan perdamaian dunia. Kiranya pendekatan Obama terhadap umat muslim telah mampu meruntuhkan image AS yang arogan dan tidak berprikemanusiaan.
Prestasi Obama ini sepintas memang sangat menganggumkan, akan tetapi jika ditilik lebih dalam apa yang dilakukan Obama sejatinya hanyalah untuk menutupi kebobrokanya dalam menangani permasalahan ekonomi yang menjerat AS. Pembunuhan ini juga disebut sebagai bukti tidak representative lagi terorisme dijadikan landasan politik luar negeri AS.
Isu sentral yang dimainkan Obama berubah dari Terorisme kembali kedemokrasi. Demokrasi menjadi isu yang sangat strategis dalam menjalankan politik luar negerinya. Meskipun bukanlah pertama kali AS menebarkan isu demokrasi, akan tetapi ini juga dilakukan untuk menyingkirkan pemimpin negara yang kaya minyak untuk segera menyerah tanpa syarat. Secara kasat mata, pembebasan tanpa syarat yang dilakukan oleh Obama pada seratus hari kepemimpinannya membuktikan bahwa tahanan atas tuduhan teroris bukan menjadi prioritas utama Obama.
Kematian Osama bisa menjadi akhir dunai terorisme internasional. Pendanaan yang selama ini didukung oleh Osama akan berkurang seiring dengan kepergiannya. Sepintas ini bisa kita lihat dari reaksi teroris setelah kematian Osama. Jika memang terorisme internasional masih hidup, maka kita bisa melihat aksi balasan yang seharusnya dilakukan oleh anggotanya. Tetapi hal tersebut tidak terjadi.
Kematian Osama yang tanpa pengawal dan baku tembak dari anggotanya, membuktikan bahwa Osama telah kehilangan pamornya. Bagi sebuah organisasi pemimpin merupakan ujung tombak keberhasilan, jika tidak mendapat pengawalan yang ketat dari para anggotanaya. Bisa jadi era Osama telah mati dan tinggal namanya saja. Nama Osama akan digantikan oleh Obama pemegang kendali atas isu internasional.
Share on Google Plus

About PC IMM AR FAKHRUDDIN

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :