PERSALINAN DENGAN HIPNOSIS (HYPNOBIRTHING)

Antika Aprillia Sugiyono

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan pengalaman pelayanan kesehatan bermunculan pula berbagai cara pelaksanaan pelayanan kesehatan berusaha menyempurnakan pelayanan kesehatan demi tercapainya kepuasan klien dalam menjalani penngobatan.
Sama halnya dalam pelayanan pertolongan persalinan,ditemukan banyak cara baru untuk memperlancar proses persalinan.Diantaranya; dengan cara merangkak,jongkok,bahkan melahirkan menggunakan media air(melahirkan didalam air).Begitu pula dengan hypnobirthing ditemukan menjadi sebuah metode pertolongan persalinan bahkan kehamilan dan juga masa nifas.
Persalinan dengan hypnosis atau dalam bahasa inggris disebut dengan hypnobirting berasal dari kata hypno (hipnosis) dan birthing (melahirkan) yang berarti keterampilan untuk meningkatkan ketenangan pikiran guna mempersiapkan dan menjalani kehamilan hingga menghadapi persalinan dengan nyaman.
Metode relaksasi dalam menjalani masa kehamilan sebenarnya bukan metode yang baru, namun telah digunakan sejak tahun 50-an di Amerika Serikat. Hanya saja akhir - akhir ini, banyak nama yang muncul dan dijadikan sebagai merk dagang baru untuk metode relaksasi kehamilan ini seperti HypnoBirthing, HypnoBabies, HypBirth dan sebagainya.
Teknik relaksasi semacam ini dapat banyak membantu dalam mengurangi rasa sakit dan tekanan emosi selama berlangsungnya proses kelahiran tanpa perlu menggunakan obat biusSemua nama baru tersebut menggunakan dasar kata hipnosis, bukan berarti ibu hamil akan tertidur atau tidak sadarkan dirinya saat praktik. Namun hipnosis yang digunakan adalah metode penanaman sugesti saat otak telah berada dalam kondisi rileks.Persalinan dengan hipnotis merupakan salah satu merk dagang yang paling dikenal saat ini, berada dibawah naungan HypnoBirthing Institute, USA.Pelopornya adalah salah satu tokoh yang menyebar-luaskan metode relaksasi kehamilan, yaitu seorang ahli hipnoterapi dari Amerika Serikat bernama Marie F.Mongan. Di Indonesia, metode ini mulai disebar-luaskan oleh bidan yang kemudian mendalami ilmu hipnoterapi spesifik pada bidang kehamilan.Bahkan sekarang telah banyak dibuka dan diadakan pelatihan hypnobirthing.
Pada hakikatnya hypnobirthing telah berkembang sejak dulu dalam pelayanan kebidanan di Indonesia melalui senyum,salam,sapa,sopan dan santun yang telah di sumbangkan bidan kepada para pasienya.Tanpa disadari seluruh dukungan moral maupun psikologi yang telah diberikan bidan saat melakukan pelayanan kesehatan menjadi sebuah sugesti tersendiri bagi pasien saat melahirkan bayinya.Maka tak heran bila keramahan kesabaran dan kelembutan pasien dalam menghadapi pasien sangat penting dalam pelaksanaan pelayanan.Namun karena teknik tersebut kurang dikembangkan sehingga baru kini munculah teknik hypnobirthing.
Hypnobirthing merupakan teknik melahirkan secara alami, yang meliputi relaksasi mendalam, pola pernapasan secara lambat dan petunjuk cara melepaskan endorfin dari dalam tubuh. Menurut Dr. Tb. Erwin Kusuma, Sp. KJ, rasa cemas pada banyak orang dewasa sekarang adalah akibat dari rekaman getaran kehidupan mereka sejak dalam kandungan. Padahal, bayi di dalam kandungan perlu mendapat ketenangan dan kedamaian dari ibunya. Getaran seperti itulah yang akan terekam sampai usia dewasa.
Hypnobirthing memungkinkan calon ibu untuk menikmati proses kelahiran yang aman, lembut, cepat dan tanpa proses pembedahan. Selain berguna untuk mengurangi rasa sakit dan memperlancar proses persalinan, ternyata penggunaan Hypnobirthing selama kehamilan dapat mencegah gangguan emosional baik sebelum ataupun sesudah persalinan. Dengan Hypnobirthing, sang ibu bisa masuk ke dalam alam pikiran bawah sadar dan berbicara dengan sang bayi yang masih dalam kandungan. Hypnobirthing membantu seorang ibu untuk mengkoordinasikan fungsi mind body and soul (pikiran tubuh dan jiwa) secara harmonis sehingga mendapatkan perasaan bahagia dalam proses persalinan maupun saat masa kehamilan dan pasca melahirkan.
Hypnobirthing dapat dilakukan oleh setiap wanita, dan hanya membutuhkan pelatihan singkat karena pada dasarnya upaya sinkronisasi antara body mind and soul tidak sulit dilakukan oleh siapa pun. Pada kehamilan trisemester pertama biasanya sudah baik untuk melakukan Hypnobirthing, namun tidak akan terlambat jika Anda baru memulainya di usia kehamilan tujuh bulan.
Tidak hanya bermanfaat bagi ibu hamil, tetapi Hypnobirthing juga bermanfaat untuk janin, suami, dokter dan para medis. Untuk janin, dengan Hypnobirthing akan membuat kedekatan emosi dan ikatan batin yang lebih kuat, karena antara sang ibu dan bayi telah terjalin komunikasi di bawah sadar. Janin akan merasa damai dan mendapatkan getaran tenang serta pertumbuhan hormon melalui plasenta yang lebih seimbang. Untuk suami, akan merasa lebih tenang dalam mendampingi proses kelahiran, emosi kehidupan suami-istri lebih seimbang karena biasanya dalam beberapa kasus terdapat ibu hamil yang mudah marah pada suaminya, semua ini dapat diseimbangkan dengan Hypnobirthing.
Dokter dan para medis juga mendapatkan keuntungan tersendiri jika sang ibu melakukan Hypnobirthing, yaitu pada saat melakukan proses kelahiran akan terasa lebih ringan. Biasanya ibu hamil yang mengikuti program ini emosinya lebih stabil, tidak banyak mengeluh sehingga proses persalinan akan lebih lancar dan cepat. Hal ini juga meminimalkan obat bius, karena kemungkinan komplikasi persalinan lebih kecil. Proses pembukaan saat lahir lebih singkat, dan mengurangi penggunaan induksi persalinan.
Sejauh ini belum ditemukan efek samping dari Hypnobirthing, karena teknik ini tidak menggunakan obat-obatan kimia.Maka tak heran bila banyak perempuan yang tertarik pada tekhnik ini dan mengkonsultasikannya pada dokter kandungan atau bahkan mendatangi tempat-tempat dengan fasilitas bersalin dengan menggunakan Hypnobirthing.

DAFTAR PUSTAKA
Andriana, Evariny.2007. Melahirkan Tanpa Rasa Sakit dengan Metode Hypnobirthing”. Jakarta. Bhuana Ilmu Populer.
ABSTRAKSI
Hypnobirthing dapat dilakukan oleh semua perempuan baik hamil,melahirkan ataupun nifas. Yang menjadi permasalahan adalah bagaimana seseorang mampu menghipnosis dirinya sendiri dengan sugesti yang baik.Mampu meyakinkan diri sendiri sehingga semua gambaran keburukan yang ada dipikiran ibu tergantikan dengan hal-hal indah yang di ilustrasikan dalam pikiran ibu sendiri.Namun banyak wanita yang tidak mampu melakukan Hypnobirthing dikarenakan tidak mengetahui dan menguasai tekhnik Hypnobirthing ,sehingga banyak perempuan yang memilih untuk mendapatkan pelayanan Hypnobirthing di tempat pelayanan kesehatan yanng memberikan fasilitas Hypnobirthing.
Share on Google Plus

About PC IMM AR FAKHRUDDIN

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :