JATI DIRI KADER

Kader (Cadre : Perancis) atau “Les Cadre” maksudnya adalah anggota inti yang menjadi bagian terpilih dalam lingup dan lingkungan pimpinan serta mendampingi di sekitar pimpinan.

Kader bisa juga berarti jantung organisasi. Jika kader dalam suatu kepemimpinan lemah, maka seluruh kekuatan kepemimpinannya juga lemah.

Kader berarti pula pasukan inti. Daya juang pasukan ini sangat tergantung dari nilai kadernya yang berkualitas, berwawasan, militan dan penuh semangat.

Dalam pengertian lain, kader (Latin : Quadrum) berarti empat persegi panjang atau kerangka. Dengan demikian kader dapat didefinisikan sebagai kelompok manusia yang terbaik karena terpilih, yaitu merupakan tulang punggung (kerangka) dari kelompok yang lebih besar dan terorganisasi secara permanen.

Dan arti penting perkaderan terungkap dalam pepatah khas Muhammadiyah : “sebelum patah telah tumbuh, sebelum hilang telah berganti, kader adalah anak panah Muhammadiyah yang siap dilepaskan ke berbagai arah dan sasaran”.

By. MHK
Share on Google Plus

About PC IMM AR FAKHRUDDIN

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar :

rizqi mengatakan...

yupz.. Mari kita blajar untuk membentuk diri menjadi seorang kader Islam, dengan bergabung dan berjuang di persyarikatan kita tercinta Muhammadiyah melalui Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah..

Berlomba-lomba dalam kebaikan,, Mohon dukungan dan motivasinya ka' agar dapat memunculkan kepercayaan diri dalam Hidup ini.. Syukron.